فعالية تطبيق نموذج التعلم بصري، سمعي، حركي لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الفلاح المتوسطة تراوسان سوموبيط جومبانج

Main Author: Humairok, Nazilatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27102/1/Nazilatul%20Humairok_D92214087.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27102/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Falah Trawasan Sumobito Jombang masih tradisional terutama pada pembelajaran keterampilan menulis. Guru masih menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang kreatif. Sehingga siswa-siswi terlihat bosan dan tidak semangat dalam proses pembelajaran bahasa arab. Maka dari itu peneliti menerapkan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Peneliti membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-Falah Jombang. dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa kelas VII MTs. Al-Falah TrawasanSumobitoJombang. 2) Bagaimana cara penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-FalahTrawasanSumobito Jombang. 3) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Al-Falah TrawasanSumobitoJombang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui sebab dan akibat terhadap penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik). Subjek penelitiannya adalah kelas VII jumlah siswa ada 21 siswa. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, 4) Angket, 5) Tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Efektivitas penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori, kinestetik) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil: T hitung (26) sedangkan T table (1,724). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.