Penerapan nilai–nilai pendidikan Islam pada anak jalanan dan marjinal di Komunitas Sahabat Anak Merdeka Surabaya

Main Author: Imron, Syukron Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27098/3/Sukron%20Ali%20Imron%20_D71213137.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27098/
Daftar Isi:
  • Masalah yang hendak di kdaji ada tiga permasalahan, yaitu : (1) bagaiamana kondisi perilaku anak jalanan di komuitas pemerhati anak jalanan dan marjinal (Sahabat anak merdeka) Surabaya (2) bagaimana faktor penyebab perilaku anak jalanan dan marjinal (sahabat anak merdeka) Surabaya (3) bagaimana penerapan nilai – nilai pendidikan Islam dalam komunitas pemerhati anak jalanan dan marjinal. Berdasarakan permasalaha tersebut, maka peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keadaan perilaku anak jalanan dan marjinal (2) faktor penyebab perilaku anak jalanan dan marjinal (3) penerapan nilai nilai pendidikan islam di komunitas sahabat anak merdeka Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekan fenomenologis kualitatif, karena penelitian fenomenologis berusaha memahami peristiwa peristiwa dan kegiatannya terhadap orang orang biasa dalam situasi tertentu. Sedangkan teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan data yang di perlukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: kondisi perilaku anak jalanan yang dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu kenakalan biasa dan kenakalan luar biasa. Faktor faktor yang mempengaruhi yang menghambat dan mempengaruhi dalam dunia anak jalanan yaitu faktor keluarga, lingkungan dan pergaulan. Sedangkan penerapan nilai niklai pendidikan Islam yang di terapkan cukup bervariatif metodenya, namun belum continueity untuk kejenjang remaja dan dewasa. Lebih fokus terhadapa anak anak usia dini / Dasar.