Peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia menggunakan media gambar di kelas III minu ngingas waru sidoarjo

Main Author: rahmawati, isnaini ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26770/1/Isnaini%20Ayu%20Rahmawati%20-%20D77214035.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26770/
Daftar Isi:
  • Keterampilan menulis karangan yang masih rendah berdasarkan wawancara dan dokumen dari Ibu Mujianti guru Bahasa Indonesia dapat diketahui dengan nilai rata-rata ulangan harian Bahasa Indonesia 62,6, persentase ketercapaiannya 31,5% dari standar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75, hal tersebut menjadi latar belakang penelitan ini. Penyampaian materi dari guru yang monoton hanya menggunakan metode ceramah tanpa mengunakan variasi metode pembelajaran lain sehingga peserta didik merasa bosan, selain itu guru hanya memberikan tugas menulis puisi tanpa adanya pemberian rangsangan. Materi karangan dengan menggunakan media gambar diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan peserta didik ketika belajar menulis karangan.Tujuan dari penelitihan ini adalah: 1)Mengetahui penerapan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. 2)Mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari dua siklus setiap siklusnya terdapat empat tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek peneliti adalah peserta didik kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang terdiri dari 38 siswa. Tindakan yang dilakukan ialah menulis karangan menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan test (product assessment).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media gambar dapat meningkatkan aktifitas guru pada siklus I yaitu 78,57 menjadi 85,71 dengan kriteria baik. Aktifitas siswa meningkat I yaitu 66 menjadi 83,3 dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan menulis Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata pada siklus I 68,5 menjadi 76,1. Dan persentase siswa pada siklus I 50% menjadi 81% bisa dikatakan baik atau cukup memuaskan dengan dilakukannya siklus II.