Analisis semiotika model Roland Barthes makna pada iklan Sprite edisi kenyataan gak sebombastis film aksi

Main Author: Mubarok, Robi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26669/6/Robi%20Mubarok_B76213084.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26669/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui makna dan pesan dalam iklan sprite edisi “kenyataan gak sebombastis film aksi”. Penelitian ini menggunakan metologi penelitian deskriftif kualitatif. Jenis penelitian deskriftif kualitatif ini memberi ruang kepada penulis untuk memusatkan pada satu fenomena dan mendeskripsikan suatu fenomena secara lebih rinci dan terfokus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan dan observasi. Pada pembahasanya menggunakan teknik analisa semiotika milik Roland Barthes. Hal ini dibuktikan pada pembahasan secara terperinci. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes yang menjelaskan makna dari tiga jenis yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombastis Film Aksi” bermakna adalah dengan berpikir akan membentuk suatu pengertian, pendapat, keputusan, dan kesimpulan yang pada akhirnya akan membentuk karakter seseorang. Penelitian ini mendapatkan bahwa Iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombastis Film Aksi” di televisi pada bulan November 2017. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan Sprite edisi “Kenyataan Gak Sebombasti Film Aksi” yang diartikan penulis bahwa dengan meminum Sprite sebagai pemuda jaman sekarang bisa berpikir jernih. Dan juga mitos yang terjadi jika tidak berpikir jernih akan merusak diri seseorang salah satunya karena mengimplementasikan yang terdapat dalam film kedalam dunia nyata.