Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo

Main Author: Rohmah, Nurul Hidayatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26280/2/Nurul%20Hidayatur%20Rohmah_D77214044.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26280/
ctrlnum 26280
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/26280/</relation><title>Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana&#xD; mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division)&#xD; bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo</title><creator>Rohmah, Nurul Hidayatur</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas V untuk memahami materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA. Hal tersebut di ketahui pada saat wawancara dengan guru pada tahap prasiklus. Diketahui rendahnya pemahaman pada materi tersebut di karenakan pembelajaran guru kurang bervariasi. Guru kurang memberikan motivasi dan kurang kreatif dalam menyampaikan isi materi dan tidak pernah membagi siswa untuk berkelompok, sehingga hanya 37,14% siswa yang mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V Minu Ngingas Waru Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt lewin. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tulis. Penelitian dilakukan di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 74,25 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75 (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 71,42 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65 (baik). 2) Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 57 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 37,14% (kurang sekali), menjadi 70,5 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 60% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 84,7 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 88% (baik).</description><date>2018-07-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/26280/2/Nurul%20Hidayatur%20Rohmah_D77214044.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Nurul Hidayatur (2018) Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>26280</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rohmah, Nurul Hidayatur
title Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo
publishDate 2018
topic Pendidikan
Strategi Belajar Mengajar
url http://digilib.uinsby.ac.id/26280/2/Nurul%20Hidayatur%20Rohmah_D77214044.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26280/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas V untuk memahami materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA. Hal tersebut di ketahui pada saat wawancara dengan guru pada tahap prasiklus. Diketahui rendahnya pemahaman pada materi tersebut di karenakan pembelajaran guru kurang bervariasi. Guru kurang memberikan motivasi dan kurang kreatif dalam menyampaikan isi materi dan tidak pernah membagi siswa untuk berkelompok, sehingga hanya 37,14% siswa yang mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V Minu Ngingas Waru Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt lewin. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tulis. Penelitian dilakukan di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 74,25 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75 (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 71,42 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65 (baik). 2) Peningkatan pemahaman materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 57 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 37,14% (kurang sekali), menjadi 70,5 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 60% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 84,7 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 88% (baik).
id IOS2718.26280
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-05T01:13:19Z
last_indexed 2020-12-11T19:54:40Z
recordtype dc
_version_ 1765779035361640448
score 17.538404