Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning pada ‎mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar dan ‎prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto‎

Main Author: Bariroh, Azmil Mukhibbatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26209/1/Azmil%20Mukhibbatul%20Bariroh_F13214130%E2%80%8E.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26209/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perencanaan Model Pembelajaran ‎Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX ‎MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto; (2) Implementasi Model Pembelajaran Contextual ‎Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-‎Fatah Mojosari Mojokerto; (3) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran ‎Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar pada ‎Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto.‎ Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif kuantitatif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari ‎Mojokerto sejumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan ‎menggunakan observasi dan angket sebagai teknik pengumpul data pokok, ‎sedangkan dokumentasi sebagai teknik pengumpul data pendukung. Teknik analisis ‎data yang digunakan adalah dengan menggunakan content analysis dan comparative. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, ditemukan bahwa model ‎pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX MTs Al-Fatah ‎Mojosari Mojokerto belum sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran ‎CTL, sehingga motivasi belajar dan prestasi belajar siswa terbilang rendah. Untuk itu ‎peneliti membuat draft rancangan model pembelajaran CTL yang sesuai dengan ‎sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL dan divalidasi oleh ahli pembelajaran, ‎supervisor pendidikan dan praktisi pendidikan. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an ‎hadits dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan dilaksanakan dengan ‎baik oleh guru, sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL; ‎Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil angket, dimana selisih rata-rata antara ‎sebelum dan sesudah diimplementasikan model pembelajaran CTL (Contextual ‎Teaching and Learning) yang dikembangkan adalah berbeda, maka dinyatakan ‎terdapat pengaruh/ efektifitas model pembelajaran CTL yang dikembangkan terhadap ‎motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari ‎Mojokerto.‎ Saran yang diberikan adalah guru hendaknya selalu konsisten dalam menerapkan ‎model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi siswa, karena ketidak ‎konsistenan dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan ‎kondisi siswa dapat berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ‎siswa.‎