Pengaruh Service Quality dan Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah BRI Syariah KC Sidoarjo

Main Author: Putri, Fita Elentri Chyintia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26206/3/Fita%20Elentri%20Chyintia%20Putri_G94214171.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26206/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh secara parsial dan simultan pada dua variabel yaitu sevice quality dan relationship quality yang diukur dengan teori loyalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif asosiatif melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah insidential random sampling dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden dari 39.018 nasabah di BRI Syariah KC Sidoarjo. Untuk menganalisis menggunakan suatu alat analisis yakni SPSS V. 24.0. Metode analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel service quality berpengaruh positif dengan nilai signifikan 0.008 < 0.05 dan nilai koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0.336, sedangankan variabel relationship quality juga secara parsial berpengaruh positif dansignifikan sebab nilai signifikan dari koefisien regresi 0.283 > 0.05 dan koefisien pengaruh sebesar 0.274. Service Quality dan Relationship Quality secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas nasabah BRI KC Sidoarjo sebab nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 13.047 yang lebih besar dari nilai pembanding F tabel sebesar 3.09 dan nilai pengaruh sebesar 41,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang tidak dibahas pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak BRI Syariah KC Sidoarjo agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan dalam menjalin hubungan baik dengan nasabah dapat dirasakan sesuai dengan harapan dan keinginan nasabah.