Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V B MI Tanada Wadungasri - Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018
Main Author: | Masruroh, Anis Kurliyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/26199/1/Anis%20Kurliyani%20Masruroh_D07214002.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/26199/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa di MI Tanada Wadungasri Sidoarjo. Banyak siswa yang belum mampu menuangkan gagasan yang mereka miliki ke dalam bahasa tulis. Guru pun jarang menggunakan variasi dalam proses pembelajaran seperti penggunaan model dan media pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V B MI Tanada. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) diterapkan untuk mempermudah peserta didik mendapatkan inspirasi dalam menulis sebuah karangan narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V B MI Tanada Wadungasri Sidoarjo. 2) mengetahui peningkatan keterampilan menulis setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V B MI Tanada Wadungasri Sidoarjo Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan skor 76,32 (cukup baik) pada siklus I meningkat menjadi 92,10 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 77,63 (baik) pada siklus I menjadi 85,52 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi nilai rata-rata 72,03 (cukup) siklus I menjadi 77,54 (baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan peserta didik 67,74% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 85,52% (baik) pada siklus II.berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru maupun siswa serta hasil dari keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC menghasilkan sebuah perubahan yang lebih baik.