Peningkatan hasil belajar materi kenampakan alam melalui media LCD proyektor berbasis microsoft power point pada siswa kelas IV MI Thoriqotul Hidayah Lamongan
Main Author: | Munif, Moh Vito Miftahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/26072/3/Moh%20Vito%20Miftahul%20Munif_D77214039.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/26072/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa materi kenampakan alam. Data yang didapat menunjukan dari 20 siswa, hanya 7 siswa yang memenuhi KKM sebesar 75. Sedangkan 13 siswa yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga, penerapan Media LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point diharapkan menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penerapan Media LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan hasil belajar materi kenampakan alam pada kelas IV MI Thoriqotul Hidayah Lamongan. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar materi kenampakan alam melalui LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point pada kelas IV MI Thoriqotul Hidayah Lamongan. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV MI Thoriqotul Hidayah Lamongan yang terdiri dari 20 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan Media LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan Media LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point dapat meningkatkan aktifitas guru. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian aktifitas guru, dengan skor perolehan siklus I sebesar 75 (baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 93 (sangat baik). Dibuktikan juga dari aktifitas siswa meningkat dari siklus I adalah 71 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 90 (sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar materi kenampakan alam melalui Media LCD Proyektor berbasis Microsoft Power Point mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 56,25 (kurang) dengan presentase ketuntasan hasil belajar 35% (gagal), berubah menjadi 69,65 (cukup) dengan prosentase 65% (cukup) pada siklus I, dan menjadi 78,5 (baik) dengan prosentase ketuntasan 80% (baik) pada siklus II.