Implementasi service excellence pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo

Main Author: Putrianingsih, Abesa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25940/1/Abesa%20Putrianingsih_G74214077-2.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25940/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan informasi yang didapat dari wawancara terhadap direktur, wakil direktur, staf operasional, staf pemasaran dan anggota BMT Madani Sepanjang Sidoarjo dengan mengetahui tentang Implemetasi Service Excellence pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan Implemetasi Service Excellence pada BMT Madani Sepanjang Sidoarjo terdapat adanya konsep Service Excellence A6 yaitu 1) Kemampuan (Ability) yaitu berkomunikasi yang mempermudah anggota BMT dalam memahami produk atau saat bertransaksi, 2) Sikap (Attitude) yaitu sikap sopan, murah senyum, serta ramah juga diberikan kepada para anggota BMT Madani, 3) Penampilan (Apprearance) yaitu penampilan karyawan BMT Madani yang berseragam rapi dan bersih serta penampilan ruang kantor yang nyaman dan bersih, 4) Perhatian (Attention), yang diberikan kepada anggota yaitu rasa kekeluargaan, 5) Tindakan (Action) yaitu tindakannya yaitu dengan proses pelayanan yang cepat, anggota tidak perlu mengantri, 6) tanggung jawab (Accountability) yaitu tanggung jawab BMT Madani Sepanjang Sidoarjo menjaga semua privasi anggotanya. Saran dari hasil penelitian ini adalah Service Excellence yang BMT Madani menggunakan konsep A6 yang sudah dilakukan dengan baik oleh BMT Madani Sepanjang Sidoarjo serta semua kriteria sudah berjalan sesuai dengan sifat teladan nabi Muhammad SAW. Dan dimasa yang mendatang dapat lebih baik lagi dan dipertahankan sifat kekeluargaannya.