إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة القراءة لطلاب المستوى المتوسط: البحث والتطوير في المعهد دار الفكر كفوهبارو بوجونكورو

Main Author: Purnomo, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25768/1/Eko%20Purnomo_F02616128.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25768/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro, kurang memperhatikan aspek kemampuan membaca santri. Padahal Aspek membaca merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru juga harus menitikberatkan pengajarannya dalam pengembangan kompetensi membaca santri selain kemampuan berbicara dan menulis, agar bahasa yang sudah diserap oleh santri bisa digunakan dalam membaca buku-buku dan kitab-kitab. Tidak adanya materi pembelajaran khusus maha>rah qiro>ah, merupakan penyebab banyak santri tidak dapat membaca dengan baik. Oleh karena itu, penyususunan materi ajar khusus maha>rah qiro>ah yang disesuaikan dengan tema-tema santri dianggap sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca santri. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan materi pembelajaran di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan santri Pesantren Darul Fikri. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk santri Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro. Untuk tujuan ini, peneliti melakukan penelitian mengguanaan research method and development (R & D). penelitian ini menggunakan instrument tes, quisioer dan interview. Setelah peneliti mendesain materi, peneliti melakukan ujicoba, analisis data sampai menemukan kesimulan sebagai berikut: 1) prodak materi ajar sangat cook digunakan dalam pembelajaran sebab mempunyai hasil uji yang signifikan yakni 86,15% 2) penerapan yang telah dilakukan di Pesantren Darul Fikri Kepohbaru Bojonegoro memberi hasil yang sangat memuaskan yakni adanya pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa 3) bahan ajar yang telah disusun evektif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa hal ini didasaran atas hasil uji pretest dan posttes yakni peningkatan sebesar 9,8 pretest 68,4 posttes 78,2, keefektivisan ini didukung juga terhadap hasil wawancara dan hasil quisioner siswa.