Peningkatan keterampilan menulis laporan pada sub tema aku dan cita-citaku dengan metode penemuan terbimbing siswa kelas IV-a MI.TANADA Wadungasri Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018
Main Author: | Fitriyah, Nur Hida Yatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/25744/7/Nur%20Hida%20Yatul%20Fitriyah_D97214092.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/25744/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru Tematik, yakni siswa mengalami kesulitan pada materi menulis laporan. Selain itu persentase ketuntasan siswa 45% (kurang). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya : 1) Bagaimana penerapan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku kelas IV-A MI.TANADA Sidoarjo? ; 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV-A MI.TANADA Sidoarjo setelah diterapkan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 40 siswa kelas IV-A. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi , wawancara, observasi, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Penerapan metode penemuan terbimbing sub tema aku dan cita-citaku dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 73, kemudian meningkat di siklus II menjadi 86,3. Aktivitas siswa pada siklus I 75, kemudian meningkat di siklus II menjadi 85,4. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing sub tema aku dan cita-citaku tergolong baik, 2) Peningkatan keterampilan menulis laporan siswa sub tema aku dan cita-citaku setelah menggunakan metode penemuan terbimbing dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 72,2 kemudian meningkat di siklus II menjadi 81,7. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 72,5 % kemudian meningkat di siklus II menjadi 87,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV-A MI.TANADA Waru Sidoarjo