Peningkatan kreativitas seni kriya melalui media daur ulang pada mata pelajaran Seni Rupa kelas 5B MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo

Main Author: Chalidah, Rara Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25598/2/Rara%20Dina%20Chalidah_D07214025.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25598/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: kreativitas seni kriya, media daur ulang Penelitian ini berawal dari rendahnya kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B pada mata pelajaran seni kriya di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Data yang didapat menunjukkan, dari 21 peserta didik hanya 13 peserta didik yang memenuhi nilai KKM. Sedangkan 8 peserta didik yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B. penerapan media daur ulang dipilih menjadi solusi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan media daur ulang dalam peningkatan kreativitas seni kriya mata pelajaran seni rupa peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kreativitas seni kriya peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo dalam mata pelajaran seni rupa setelah digunakannya media daur ulang. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pebelitian ini adalah peserta didik kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro yang terdiri dari 21 peserta didik. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan media daur ulang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media daur ulang sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 76,92 (baik) menjadi 84,61 (sangat baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil aktivitas peserta didik dari perolehan skor 72,92 (baik) pada siklus I menjadi 81,25 (sangat baik) pada siklus II. (2) Kreativitas seni kriya mata pelajaran seni rupa melalui media daur ulang siswa kelas 5B MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 80,16 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 71,43% (cukup), meningkat menjadi 85,12 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 80,95% (baik) pada siklus II.