Penerapan pendekatan Problem Posing dengan setting pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk Aljabar di SMP Sabilillah Sukodadi Lamongan

Main Author: Rusdi, Rusdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25532/1/Rusdi_D04205057.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25532/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25532
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana keterampilan kooperatif siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana ketuntasan belajar siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana respon guru terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Bagaimana respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD di SMP Sabilillah Sukodadi? Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian eksperimen semu dengan mengambil populasi di SMP Sabilillah Sukodadi-Lamongan kelas VIII, dengan sampel diambil dengan acak (Random Sampling) yaitu kelas VIII-I. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan problem posing dengan setting kooperatif tipe STAD di kelas tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam mengelola kelas selama penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembeljaran kooperatif Tipe STAD tergolong sangat baik,(2) Keterampilan kooperatif siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD berada dalam kategori baik, (3) Ketuntasan belajar siswa dalam penerapan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD sudah tercapai, (4) Respon guru terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD adalah menunjukan respon positif, (5) Aktivitas siswa tergolong efektif dalam mengikuti pembelajaran, dan (6) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif Tipe STAD menunjukan respon positif.