Representasi kesabaran muslimah dalam iklan Sunsilk Clean And Fresh Versi Rity Tagor: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

Main Author: Karunia, Evita Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25076/1/Evita%20Nanda%20Karunia_B76214033.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25076/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25076
Daftar Isi:
  • Skripsi dengan judul “Representasi Kesabaran Muslimah Dalam Iklan Sunsilk Clean And Fresh Versi Rity Tagor (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)” adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana kesabaran muslimah direpresentasikan dalam iklan shampoo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, yang menganalisis secara tiga tahap yaitu tanda (sign), pengguna tanda (intrepetant), dan acuan tanda (object). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kesabaran muslimah dalam iklan Sunsilk Clean and Fresh direpresentasikan oleh pihak pengiklan yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk., sebagai kerajinan seorang muslimah dalam berkeramas dengan shampoo Sunsilk Clean and Fresh. Kemudian pihak pengiklan menghadirkan simbolagama dalam iklan dengan mengeksploitasi seorang muslimah berhijab untuk mendukung metodenya dalam membuat iklan produk shampoo Sunsilk Clean and Fresh. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan kajian yang menekankan pada aspek komunikasi yang lain seperti penerimaan respon audience, produksi iklan, strategi pemasaran dan lain-lain.