Representasi Cinta Tanah Air dalam iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya: analisis semiotika Charles Sanders Peirce
Main Author: | Ningrum, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/25075/1/Dwi%20Ningrum_B76214031.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/25075/ http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25075 |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini yang dikaji adalah bagaimana cinta tanah air direpresentasikan dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi cinta tanah air melalui penciptaan tanda-tanda yang digunakan di dalam video iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis yang berguna memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce. Selain itu, untuk menyimpulkan apa sebenarnya tujuan yang diinginkan produsen dalam menayangkan iklan ini juga akan dikorelasikan dengan teori representasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam iklan ini terdapat keragaman budaya Indonesia yang ditampilkan pada iklan yang hanya dibatasi pada produk batik, tari saman dan pencak silat. Keharusan memilih Mixagrip sebagai obat yang dikonsumsi ketika batuk dan flu. PT Kalbe Farma mencoba menyederhanakan pikiran konsumen, bahwa hanya Mixagrip yang dapat menyembuhkan. Penelitian ini terbatas pada kajian semiotika terhadap tanda-tanda dan ada baiknya peneliti selanjutnya melakukan kajian lainnya seperti proses produksi iklan, manajemen iklan dan lain sebagainya.