Pengembangan sekolah berbasis nilai dalam pembentukan karakter Islami: studi multi kasus di SMP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

Main Author: Basir, Khusaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/25053/1/Khusaini%20Basir_F03213300.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25053/
ctrlnum 25053
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/25053/</relation><title>Pengembangan sekolah berbasis nilai dalam pembentukan karakter Islami: studi multi kasus di SMP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya</title><creator>Basir, Khusaini</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><subject>Pendidikan - Karakter</subject><subject>Kurikulum</subject><description>Model penddikan nilai dan karakter tentunya merupakan dua model paling efektif untuk menghadirkan masyarakat yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karenanya, salah satu tujuan dari penelitian ini adalah mencari bentuk ideal pendidikan nilai dan karakter berdasarkan pada penemuan lapangan, yakni di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah, Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga fokus penting; pertama, Bagaimana konsep pengembangan sekolah berbasis nilai di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Umah Surabaya, Kedua, Bagaimana konsep pengembangan sekolah yang berbasis pada pengembangan karakter islami di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Ketiga, Bagaimana implementasi pengembangan sekolah berbasis nilai dan karakter islami di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Untuk mencapai dan menghasilkan produk penelitian yang berbasis pada prosesdur keilmiahan maka penulis akan menggunakan Pendekatan deskriptif kualitatif, tekhnik pengumpulan datanya dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi serta menggunakan langkah-langkah analisis data dengan reduksi data, sajian data, serta verifikasi dan simpulan data. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan, Pertama, Pondok pesantren, sebagai holding culture and institution, dijadikan sebagai sumber dan produksi nilai-nilai yang akan diimplementasikan di lembaga pendidikan formal. Salah satu bentuk nilai, yang paling tampak di dua lembaga ini, ialah nilai ketaatan kepada nilai-nilai keislaman (baca; aswaja) dan panca jiwa kepesantrenan, seperti; keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kebersamaan, dan kebebasan untuk menentukan pola hidup yang diinginkan. Kedua, Adapun model pendidikan karakter yang dilaksanakan dan dikembangkan di dua lembaga ini sedikit memiliki perbedaan; SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, menyelenggarakan pendidikan karakter berdasarkan nama Nabi MUHAMMAD. Sedangkan di SMP Unggulan Amanatul Ummah, Surabaya, mereka tetap menggunakan model dan modul karakter yang sudah disusun oleh Kemendiknas. Yang keduanya sama-sama menjadikan pesantren sebagai proses pembudayaan karakter, Ketiga, Pola pengembangan pendidikan nilai dan karakter di dua lembaga ini, bermuara pada satu kongklusi sistem institusi yang disebutkan oleh Meyer dalam teori sosiologi pendidikannya, yakni Isomorfisisme yang bermakna; di sebuah organisasi pendidikan dibutuhkan lingkungan yang kondusif untuk menggabungkan antara kepentingan struktur dan nilai yang dianut dilingkungan organisasi. Tampaknya, hal ini pula yang dilakukan di dua situs ini. Mereka menciptakan lingkungan kepesantrenan sebagai basis integral dari kekuatan structural kelembagaan dan pembudayaan pendidikan karakter sebagai core-sistem pengembangan perilaku peserta didik mereka.</description><date>2018-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/25053/1/Khusaini%20Basir_F03213300.pdf</identifier><identifier> Basir, Khusaini (2018) Pengembangan sekolah berbasis nilai dalam pembentukan karakter Islami: studi multi kasus di SMP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>25053</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Basir, Khusaini
title Pengembangan sekolah berbasis nilai dalam pembentukan karakter Islami: studi multi kasus di SMP Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya
publishDate 2018
topic Pendidikan Islam
Pendidikan - Karakter
Kurikulum
url http://digilib.uinsby.ac.id/25053/1/Khusaini%20Basir_F03213300.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/25053/
contents Model penddikan nilai dan karakter tentunya merupakan dua model paling efektif untuk menghadirkan masyarakat yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karenanya, salah satu tujuan dari penelitian ini adalah mencari bentuk ideal pendidikan nilai dan karakter berdasarkan pada penemuan lapangan, yakni di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah, Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga fokus penting; pertama, Bagaimana konsep pengembangan sekolah berbasis nilai di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Umah Surabaya, Kedua, Bagaimana konsep pengembangan sekolah yang berbasis pada pengembangan karakter islami di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Ketiga, Bagaimana implementasi pengembangan sekolah berbasis nilai dan karakter islami di SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo dan SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Untuk mencapai dan menghasilkan produk penelitian yang berbasis pada prosesdur keilmiahan maka penulis akan menggunakan Pendekatan deskriptif kualitatif, tekhnik pengumpulan datanya dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi serta menggunakan langkah-langkah analisis data dengan reduksi data, sajian data, serta verifikasi dan simpulan data. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan, Pertama, Pondok pesantren, sebagai holding culture and institution, dijadikan sebagai sumber dan produksi nilai-nilai yang akan diimplementasikan di lembaga pendidikan formal. Salah satu bentuk nilai, yang paling tampak di dua lembaga ini, ialah nilai ketaatan kepada nilai-nilai keislaman (baca; aswaja) dan panca jiwa kepesantrenan, seperti; keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kebersamaan, dan kebebasan untuk menentukan pola hidup yang diinginkan. Kedua, Adapun model pendidikan karakter yang dilaksanakan dan dikembangkan di dua lembaga ini sedikit memiliki perbedaan; SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, menyelenggarakan pendidikan karakter berdasarkan nama Nabi MUHAMMAD. Sedangkan di SMP Unggulan Amanatul Ummah, Surabaya, mereka tetap menggunakan model dan modul karakter yang sudah disusun oleh Kemendiknas. Yang keduanya sama-sama menjadikan pesantren sebagai proses pembudayaan karakter, Ketiga, Pola pengembangan pendidikan nilai dan karakter di dua lembaga ini, bermuara pada satu kongklusi sistem institusi yang disebutkan oleh Meyer dalam teori sosiologi pendidikannya, yakni Isomorfisisme yang bermakna; di sebuah organisasi pendidikan dibutuhkan lingkungan yang kondusif untuk menggabungkan antara kepentingan struktur dan nilai yang dianut dilingkungan organisasi. Tampaknya, hal ini pula yang dilakukan di dua situs ini. Mereka menciptakan lingkungan kepesantrenan sebagai basis integral dari kekuatan structural kelembagaan dan pembudayaan pendidikan karakter sebagai core-sistem pengembangan perilaku peserta didik mereka.
id IOS2718.25053
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-05-31T22:59:53Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:41Z
recordtype dc
_version_ 1765779031578378240
score 17.538404