Pengaruh penerapan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-qur'an peserta didik di SD al-falah assalam Tropodo Sidoarjo
Main Author: | Auliya'ilhaq, Muhammad Masyfu' |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/24900/1/M.%20Masyfu%27%20Auliya%27Ilhaq_D01214010.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/24900/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendiskripsikan strategi atau sistematika pembelajaran motode Ummi (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi pada peserta didik di SD Al-Falah Assalam (3) Untuk membuktikan pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SD Al-Falah Assalam.Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 125 peserta didik di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo kelas V. Sampel yang diambil adalah 32% dari populasi yaitu 40 peserta didik. Lokasi yang diteliti adalah SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan metode Ummi di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo tergolong “Cukup baik” karena berada diantara 35% - 65% standart deviasi 2,12419 dan rata-rata 26,7250. (2) Kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo tergolong “Baik” karena berada diantara 65% - 100% standart deviasi 2,01262 dan rata-rata 25,2750. (3) Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik sebesar 32% variabel kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dipengaruhi oleh penerapan metode Ummi, sisanya sebesar 68% oleh variabel lainnya.