Pengaruh pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di SDI Yayasan Masjid Assalafiyah (YAMASSA) Surabaya
Main Author: | Asbita, Ucik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/24775/1/Ucik%20Asbita_D91214103.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/24775/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran madrasah diniyah di SDI YAMASSA Surabaya? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqh di SDI YAMASSA Surabaya? (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran madrasah diniyah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di SDI YAMASSA Surabaya? Penelitian ini dilatar belakangi karena jam pelajaran agama Islam di sekolah umum lebih sedikit dibandingkan dengan sekolah Islam atau madrasah. Di SDI YAMASSA ini jam pelajaran agama Islam sudah banyak, tetapi masih ditambah dengan madrasah diniyah pada hari Rabu dan Kamis. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SDI YAMASSA Surabaya, dengan jumlah populasi 354. Sampel yang di ambil adalah 10% dari jumlah populasi, Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase pelaksanaan pembelajaran madrasah diniyah di kelas IV-B 74,2 %. Sedangkan di kelas V-A 73,5% hal ini menunjukkan pembelajaran madrasah diniyah di SDI YAMASSA Surabaya tergolong baik (2) Rata-rata hasil belajar mata pelajaran fiqih di kelas IV-B adalah 83,05. Hal ini menununjukkan hasil belajar mata pelajaran fiqih tergolong baik. Sedangkan di kelas V-A adalah 80,27. (3) Dari hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran madrasah diniyah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di SDI YAMASSA Surabaya.