إنجاز تعلّم اللغة العربية لتلاميذ الفصل الحادى عشر بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الرابعة جومبانج: الدراسة المقارنة بين تلاميذ مدرسة منبع المعارف الدينية و تلاميذ المؤسسة اللغة العربية و الإنجليزية منبع المعارف

Main Author: Nisa', Vina Nur Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24754/3/Vina%20Nur%20Khoirun%20Nisa%27_D72214040.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24754/
Daftar Isi:
  • Keterampilan siswa akan mempengaruhi penggunaan metode yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Kepribadian siswa dan lingkungan belajar bahasa Arab berdampak pada prestasi belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, pembentukan lingkungan pengajaran haruslah efektif. Fenomena ini ditemukan di sekolah MAN 4 Jombang. Karena mereka berasal dari lingkungan belajar bahasa Arab yang berbeda, siswa yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniyah dan yang belajar bahasa Arab di Lembaga Bahasa Arab dan Inggris. Aktifitas belajar tersebut di lakukan setelah kembali dari sekolah. Oleh karena itu, peneliti ingin membandingkan pencapaian pembelajaran bahasa Arab di antara siswa di kelas 11 MAN 4 Jombang yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniah dan belajar bahasa Arab di LBAI. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan sejauh mana tingkat prestasi belajar Bahasa Arab antara siswa MAN 4 Jombang di kelas 11 yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniah dan belajar bahasa Arab di LBAI. Dan mengetahui perbandingan prestasi belajar Bahasa Arab siswa MAN 4 Jombang di kelas 11 yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniah dan belajar bahasa Arab di LBAI. Metode penelitian ini berdesain komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui sejauh mana perbedaan prestasi mereka secara statistik, peneliti menggunakan Test-T. Perbandingan prestasi belajar Bahasa Arab antara siswa MAN 4 Jombang di kelas 11 yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniah dan belajar bahasa Arab di LBAI, dapat diketahui bahwa prestasi belajar Bahasa Arab antara siswa MAN 4 Jombang di kelas 11 yang belajar bahasa Arab di Madrasah Diniah (80,26) lebih tinggi daripada siswa MAN 4 Jombang di kelas 11 yang belajar bahasa Arab di LBAI (75,46)