تحليل الأخطاء الإملائية في مادة الإنشاء لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثاني بمدرسة أمانة الأمة الثانوية على المستوى الدولي بمعهد نور الأمة الإسلامي باشيت موجوكرطا

Main Author: Rochmah, Fadhilatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24720/1/Fadhilatur%20Rochmah_D92214065.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24720/
Daftar Isi:
  • Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan dalam kaidah imla’ khususnya penulisan hamzah. Diantara problem-problem yang timbul dalam benak siswa beraneka. Oleh karena itu, peneliti menganalisis kesalahan siswa pada pelajaran mengarang/insya’ untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya guna meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan imla’ yang ada pada pelajaran insya' bagi siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?. 2) Bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan menulis pada pelajaran insya’ setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ pada siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ pada pelajaran insya’?. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk rumusan masalah pertama dan kedua, sedangkan metode kuantitatif untuk rumusan masalah ketiga. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hamzah qoth’ menjadi kesalahan paling banyak yang mana prosentase kesalahannya mencapai 134 kesalahan, hamzah washal 4 kesalahan, hamzah mutawassithah 6 kesalahan, hamzah mutatharrifah 6 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan dalam penulisan ta’ maftuhah. Adapun pembenaran dan penafsiran kesalahannya tertera pada tabel yang terdapat di bab 4. Juga terdapat adanya peningkatan keterampilan menulis siswa setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ yang mana hasil t hitung -9,04 lebih kecil dari hasil t tabel -1,714 dan -2,500.