Pengaruh penggunaan media Power Point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Tanada Sidoarjo
Main Author: | Yaqin, Muhammad Ainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/24709/1/Muhammad%20Ainul%20Yaqin_D71214072.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/24709/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penggunaan media power point dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs TANADA Sidoarjo? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik MTs TANADA Sidoarjo ketika mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam? (3) Sejauh mana pengaruh penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs TANADA Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kondisi peserta didik ketika mengikuti pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tanada kurang antusias. Hal ini bahkan menimbulkan persoalan dilematis, karena dengan rendahnya motivasi belajar, sebenarnya tidak mungkin siswa dapat menguasai bahan pembelajaran dengan baik, namun harus diluluskan demi kelangsungan sekolah tersebut. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) Persentase penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo bernilai 56 % termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Persentase motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo bernilai 49 % termasuk dalam kategori kurang baik. (3) adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media power point pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah TANADA Sidoarjo. dengan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 4,731 lebih besar dari t tabel.