Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik

Main Author: Hamdiyah, Hanik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24650/1/Hanik%20Hamdiyah_D07213014.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24650/
ctrlnum 24650
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/24650/</relation><title>Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma&#x2019;arif NU Assa&#x2019;adah Bungah Gresik</title><creator>Hamdiyah, Hanik</creator><subject>Pengajaran</subject><description>Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika, yakni siswa mengalami miskonsepsi bilangan pecahan dan kesulitan dalam merangkai konsep dari gambar atau simbol bilangan pecahan. Selain itu, persentase ketuntasan siswa 7,14% (sangat kurang). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Role Playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kelas IV di MI Ma&#x2019;arif NU Assa&#x2019;adah Bungah Gresik?; 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing pada kelas IV di MI Ma&#x2019;arif NU Assa&#x2019;adah Bungah Gresik? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa materi bilangan pecahan melalui metode Role Playing. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas IV. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, wawancara, observasi aktivitas guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kategori baik berdasarkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 80,9 termasuk kategori baik, kemudian meningkat di siklus II menjadi 96,5 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 76,7 termasuk kategori baik, kemudian di siklus II meningkat menjadi 95,4 termasuk kategori sangat baik; 2) Peningkatan pemaham konsep siswa mata pelajaran Matermatika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I 68 dengan kategori cukup, kemudian meningkat di siklus II menjadi 84 termasuk kategori baik. Persentase ketuntasan belajar siswa di siklus I 21,42% termasuk kategori kurang, di siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,42% termasuk dalam kategori sangat baik.</description><date>2018-04-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/24650/1/Hanik%20Hamdiyah_D07213014.pdf</identifier><identifier> Hamdiyah, Hanik (2018) Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma&#x2019;arif NU Assa&#x2019;adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>24650</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hamdiyah, Hanik
title Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik
publishDate 2018
topic Pengajaran
url http://digilib.uinsby.ac.id/24650/1/Hanik%20Hamdiyah_D07213014.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24650/
contents Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika, yakni siswa mengalami miskonsepsi bilangan pecahan dan kesulitan dalam merangkai konsep dari gambar atau simbol bilangan pecahan. Selain itu, persentase ketuntasan siswa 7,14% (sangat kurang). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Role Playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik?; 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing pada kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa materi bilangan pecahan melalui metode Role Playing. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas IV. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, wawancara, observasi aktivitas guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kategori baik berdasarkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 80,9 termasuk kategori baik, kemudian meningkat di siklus II menjadi 96,5 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 76,7 termasuk kategori baik, kemudian di siklus II meningkat menjadi 95,4 termasuk kategori sangat baik; 2) Peningkatan pemaham konsep siswa mata pelajaran Matermatika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I 68 dengan kategori cukup, kemudian meningkat di siklus II menjadi 84 termasuk kategori baik. Persentase ketuntasan belajar siswa di siklus I 21,42% termasuk kategori kurang, di siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,42% termasuk dalam kategori sangat baik.
id IOS2718.24650
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-05-09T22:18:06Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:35Z
recordtype dc
_version_ 1765779030502539264
score 17.538404