Strategi pemasaran zakat, infaq, shodaqoh, wakaf (Ziswaf) dan implementasinya di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZDAU) Kabupaten Sidoarjo

Main Author: Kholili, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24625/3/Ahmad%20Kholili_B74214016.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24625/
Daftar Isi:
  • Perkembangan lembaga dakwah dan sosial semakin banyak. Lembaga tersebut menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWAF). Dana ZISWAF diberikan kepada umat yang membutuhkan dan berhak menerimanya, seperti anak yatim, piatu, dan dhuafa. Hal tersebut mengakibatkan pemilik lembaga harus memiliki strategi pemasaran dan mampu implementasi dengan baik. Strategi pemasaran digunakan untuk meningkatkan jumlah penghimpunan dan menambah donatur. Strategi pemasaran juga harus terdapat implementasi yang sesuai ajaran agama islam. Strategi pemasaran juga harus mengikuti pengembangan teknologi, informasi dan pengembangan yang lain berdasarkan ajaran agama islam. Hal tersebut menjadi keunikan untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran yang berlandaskan ajaran agama islam. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu : 1) Konsep Strategi Pemasaran, 2) Proses Strategi Pemasaran, 3) Implementasi Strategi Pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kualitatif descriptive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam teknik validitas data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data yang terdiri dari deskripsi, coding dan kategorisasi, kemudian penarikan kesimpulan dari data yang telah dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran menggunakan proses STP (Segmenting, Targetting, Positioning). Proses segmenting dilakukan dengan melihat beberapa aspek, antara lain geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Proses targeting menentukan segmen-segmen pasar yang potensial, seperti perumahan elit di wilayah Sidoarjo, pengurus masjid, guru sekolah, guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), anak-anak sekolah dan mahasiswa. Proses positioning dilakukan dengan mendesain citra lembaga dengan baik. Oleh karena itu, strategi pemasaran perlu direncanakan dan dikelola dengan baik. Perencanaan dan pengelolaan ini dilakukan oleh Manager Fundraising.