Efektivitas penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan motivasi belajar santri Kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam
Main Author: | Supriatna, Jajang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/24504/2/Jajang%20Supriatna_B53214019.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/24504/ http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24504 |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana efektivitas penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam upaya meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam Garut. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan proses treatment berupa penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim, dan untuk membuktikan apakah treatment tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest control group design yang berfungsi mengungkap hasil dari semua data dan fakta yang telah diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah, Penerapan Nilai-Nilai Konseling (Variabel Bebas), dan Motivasi Belajar (variabel terikat). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah santri kelas 3E dan 3F yang terbagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah total 60 santri. Sementara metode pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah berupa wawancara, observasi dan angket. Untuk menguji apakah penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3, maka peneliti menguiji hasil pretest-posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan rumus uji Independent Sample T-Test. Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa nilai thitung yaitu 2,289 ≥ nilai ttabel 2,021 dan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,26 lebih kecil dari 0,05. atas dasar pengambilan keputusan, bahwa jika thitung ≥ nilai ttabel dan nilai sig. (2-tailed) ≤ dari 0,05. Maka penerapan nilai-nilai konseling dalam kitab Ta’limul Muta’allim efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri kelas 3 di Pondok Pesantren Darussalam Garut.