Iklan Meikarta versi “aku ingin pindah ke Meikarta” di media televisi: analisis semiotika model Roland Barthes

Main Author: Lutfiana, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24497/1/Ika%20Lutfiana_B76214037.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24497/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, penulis memilih iklan properti sebagai subjek kajian, karena di era globalisasi memiliki hunian yang bersih dan modern merupakan salah satu impian terbesar setiap individu. Fokus penelitian ini mengenai bagaimana iklan Meikarta direpresentasikan. Untuk menjabarkan fokus penelitian tersebut secara mendalam, maka penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes dengan pendekatan paradigma kritis dan menggunakan teori representasi Stuart Hall. Tujuannya adalah menjelaskan dan memahami representasi dalam iklan Meikarta. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa iklan meikarta direpresentsikan sebagai gaya hidup masyarakat kota. Representasi dilakukan dengan cara mereduksi cara pandang umum terhadap realitas kota Jakarta. Lalu, Lippo Grup menghadirkan Meikarta yang diklaim dapat menggantikan kota Jakarta. Meikarta menawarkan kehidupan yang nyaman dengan memiliki berbagai fasilitas modern dan lingkungan bersih. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah (1) menikmati iklan perlu kecerdasan dan langkah bijak. Mengingat tidak semua iklan yang ditampilkan oleh media merepresentasikan realitas yang sebenarnya. (2) Bagi agensi, perlu untuk mempertimbangkan iklan-iklan yang bernuansa negatif. Seharusnya dalam membuat iklan tidak merugikan pihak manapun hanya untuk mendapat keuntungan untuk diri sendiri dan berkompetisi yang baik sehingga tidak menjatuhkan nama baik pihak lain.