Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep

Main Author: Yasin, Fauzan Akbari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24414/6/Fauzan%20Akbari%20Yasin_F03214015.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24414/
ctrlnum 24414
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/24414/</relation><title>Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep</title><creator>Yasin, Fauzan Akbari</creator><subject>Pendidikan Islam - Kurikulum</subject><subject>Pendidikan Islam - Metode dan Sistem</subject><subject>Pendidikan Islam - Manajemen</subject><description>Transformasi pendidikan berada di tengah-tengah masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan. Perubahan pada masyarakat terjadi secara berkesinambungan dan berjalan relatif cepat, penelitian ini akan menjawab pertama, Bagaimana transformasi pendidikan Islam di kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan sepeken kabupaten Sumenep, kedua, keberhasilan implementasi transfomasi pendidikan Islam di pondok pesantren kepulauan sapeken kabupaten Sumenep?, ketiga, kendala yang dihadapi para santri kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan Sapeken&#xD; Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif, penelitian studi multikasus adalah salah satu metode penelitian ilmu-ilmu sosial. Selain studi kasus masih ada yang lain seperti survei,historis,dan an&#xE1;lisis informasi yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, metode pengumpulan datanya menggunakan: metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini pertama, Transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan diantaranya: a)transformasi pendidikan Islam dapat mempegaruhi pendidikan Islamsiswa untuk pendekatan kepada Allah dengan cara sholat malam berjamaah dan do&#x2019;a dapat menjadikan siswa-siswa di pondok memiliki moral,sopan,kemitmen,loyalias yang tinggih, b) Transformasi (perubahan) pendidikan Islam dengan pendekatan keimanan,ketaqwaan, pengajian pendidikan Islam tentang komitmen seorang siswa yang baik dan beradap, c)Pendalaman pendidikan Islam agar siswa lebih mengenal apa arti pendidikan Islam dalam sehari-hari; Kedua, 2.Keberhasilan transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken. a) Pendidik memiliki kamitmen dan loyalitas tinggi serta kepatuhan bersahaja terhadap pondok dan madrasah untuk menjadikan santri yang berpendidikan Islam dan menambah ilmu pengetahuan, b)transformasi Pendidikan Islam lebih mendekatkan dirinya kepada Allah agar sebagai suri tauladan bagi siswa c) Dengan adanya loyalitas dan perhatian pendidik agar santri menjadikan baik dan berakhlakul karimah; Ketiga, Kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken sumenep yaitu rasa yang masih menjanggal pada diri setiap pendidik, sehingga peran transformasi pendidikan Islam untuk mengubah santri bisa mewujudkan santri yang moralitas lebih di tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang baik.</description><date>2018-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/24414/6/Fauzan%20Akbari%20Yasin_F03214015.pdf</identifier><identifier> Yasin, Fauzan Akbari (2018) Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>24414</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yasin, Fauzan Akbari
title Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep
publishDate 2018
topic Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam - Manajemen
url http://digilib.uinsby.ac.id/24414/6/Fauzan%20Akbari%20Yasin_F03214015.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24414/
contents Transformasi pendidikan berada di tengah-tengah masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan. Perubahan pada masyarakat terjadi secara berkesinambungan dan berjalan relatif cepat, penelitian ini akan menjawab pertama, Bagaimana transformasi pendidikan Islam di kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan sepeken kabupaten Sumenep, kedua, keberhasilan implementasi transfomasi pendidikan Islam di pondok pesantren kepulauan sapeken kabupaten Sumenep?, ketiga, kendala yang dihadapi para santri kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan Sapeken Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif, penelitian studi multikasus adalah salah satu metode penelitian ilmu-ilmu sosial. Selain studi kasus masih ada yang lain seperti survei,historis,dan análisis informasi yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, metode pengumpulan datanya menggunakan: metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini pertama, Transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan diantaranya: a)transformasi pendidikan Islam dapat mempegaruhi pendidikan Islamsiswa untuk pendekatan kepada Allah dengan cara sholat malam berjamaah dan do’a dapat menjadikan siswa-siswa di pondok memiliki moral,sopan,kemitmen,loyalias yang tinggih, b) Transformasi (perubahan) pendidikan Islam dengan pendekatan keimanan,ketaqwaan, pengajian pendidikan Islam tentang komitmen seorang siswa yang baik dan beradap, c)Pendalaman pendidikan Islam agar siswa lebih mengenal apa arti pendidikan Islam dalam sehari-hari; Kedua, 2.Keberhasilan transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken. a) Pendidik memiliki kamitmen dan loyalitas tinggi serta kepatuhan bersahaja terhadap pondok dan madrasah untuk menjadikan santri yang berpendidikan Islam dan menambah ilmu pengetahuan, b)transformasi Pendidikan Islam lebih mendekatkan dirinya kepada Allah agar sebagai suri tauladan bagi siswa c) Dengan adanya loyalitas dan perhatian pendidik agar santri menjadikan baik dan berakhlakul karimah; Ketiga, Kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken sumenep yaitu rasa yang masih menjanggal pada diri setiap pendidik, sehingga peran transformasi pendidikan Islam untuk mengubah santri bisa mewujudkan santri yang moralitas lebih di tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang baik.
id IOS2718.24414
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-05-09T22:18:02Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:23Z
recordtype dc
_version_ 1765779029872345088
score 17.538404