فعالية تطبيق التعليم الانعكاس في تعلم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام لتلاميذ مدرسة الهداية المتوسطة الإسلامية لا هونجان البحث العلمي
Main Author: | Sholichah, Almaidatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/24175/2/Almaidatus%20Sholichah_D02206057.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/24175/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses balajar mengajar, Peningkatan kemampuan keterampilan berbicara siswa merupakan salah satu indicator kualitas pendidikan. Untuk itu perlu di upayakan pula perbaikan- perbaikan pada system pembelajaran. Pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) merupakan suatu pendekatan terhadap pengajaran siswa akan strategi- strategi belajar. Pengajaran terbalik adalah model pembelajaran berdasarkan pendekatan konstruktifis yang meliputi strategi pemahaman pengaturan diri, yaitu perangkuman, pengajuan pertanyaan, pengklarifikasian, meramalkan, sedangkan permasalahan utama yang di ambil dalam penelitian ini adalah : adakah Efektifitas penerapan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTS Al-Hidayah Lamongan. Subyek dalam penel itian ini adalah siswa kelas 2A MTS Al -Hidayah lamongan yang berjumlah 38 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan basil analisis data statistic dengan prosentase dan perhitungan "r"(product moment) dengan ba sil rxy = 0,465 dari sini dapat di ketahui bahwa "r.xy" > "n" maka hipotesis diterima, dengan kata lain Efektifitas penerapan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTS Al-Hidayah lamongan di terima.