تأثير تطبيق فرقة التعليم باستعمال الرقم لترقية مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا

Main Author: Fauziyah, Zahrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24114/1/Zahrotul%20Fauziyah_D2206086.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24114/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24114
ctrlnum 24114
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/24114/</relation><title>&#x62A;&#x623;&#x62B;&#x64A;&#x631; &#x62A;&#x637;&#x628;&#x64A;&#x642; &#x641;&#x631;&#x642;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x628;&#x627;&#x633;&#x62A;&#x639;&#x645;&#x627;&#x644; &#x627;&#x644;&#x631;&#x642;&#x645; &#x644;&#x62A;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x642;&#x631;&#x627;&#x621;&#x629; &#x641;&#x64A; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x644;&#x63A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x631;&#x628;&#x64A;&#x629; &#x644;&#x62A;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x630; &#x628;&#x627;&#x644;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62B;&#x627;&#x646;&#x648;&#x64A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62D;&#x643;&#x648;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x633;&#x648;&#x631;&#x627;&#x628;&#x627;&#x64A;&#x627;</title><creator>Fauziyah, Zahrotul</creator><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>MAN surabaya merupakan Lembaga Pendidikan Islam Negeri yang setara dengan SMU Negeri yang ada satu-satunya di Surabaya. Di sekolah ini ada 2 bahasa asing yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris &amp; Bahasa Arab. Meskipun Bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah Bahasa Inggris &amp; Bahasa Indonesia, namun Bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat Bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalam belajar ilmu agama Islam. Mengingat pentingnya belajar Bahasa Arab terutama dalam pembelajaran membacanya, maka dalam pelaksanaan pembelajarannya harus memperhatikan ketrampilan berbahasanya, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam pencapaian keberhasi lan. Sementara tingkat ketrampilan berbahasa yang dimiliki para siswa pada umumnya masih lemah khususnya membaca. Salah satu metode baru yg dianggap mampu meningkatkan ketrampilan/ kemampuan siswa dalam belajar Bahasa Arab khususnya membaca adalah metode "Numbered Heads Together" yg merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan &amp; keberhasilan metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN surabaya. Berdasarkan latar belakang diatas, Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan siswa dalam kemahiran membaca di dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana penerapan pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan kemahiran membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa di MAN Surabaya? Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: Observasi, Angket, Interview, Dokumentasi, dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui penerapannya. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan metode uji coba tes dengan rumus Statistik "Test T" dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre test &amp; Post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode "Numbered Heads Together" dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka 2, 19. Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka di perlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat di ketahui lebih lanjut tentang keunggulan - keunggulan dari penggunaan metode ini.</description><date>2011-01-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/24114/1/Zahrotul%20Fauziyah_D2206086.pdf</identifier><identifier> Fauziyah, Zahrotul (2011) &#x62A;&#x623;&#x62B;&#x64A;&#x631; &#x62A;&#x637;&#x628;&#x64A;&#x642; &#x641;&#x631;&#x642;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x628;&#x627;&#x633;&#x62A;&#x639;&#x645;&#x627;&#x644; &#x627;&#x644;&#x631;&#x642;&#x645; &#x644;&#x62A;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x642;&#x631;&#x627;&#x621;&#x629; &#x641;&#x64A; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x644;&#x63A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x631;&#x628;&#x64A;&#x629; &#x644;&#x62A;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x630; &#x628;&#x627;&#x644;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62B;&#x627;&#x646;&#x648;&#x64A;&#x629; &#x627;&#x644;&#x62D;&#x643;&#x648;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x633;&#x648;&#x631;&#x627;&#x628;&#x627;&#x64A;&#x627;. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24114</relation><recordID>24114</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fauziyah, Zahrotul
title تأثير تطبيق فرقة التعليم باستعمال الرقم لترقية مهارة القراءة في تعليم اللغة العربية لتلاميذ بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا
publishDate 2011
topic Strategi Belajar Mengajar
Pembelajaran
url http://digilib.uinsby.ac.id/24114/1/Zahrotul%20Fauziyah_D2206086.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24114/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24114
contents MAN surabaya merupakan Lembaga Pendidikan Islam Negeri yang setara dengan SMU Negeri yang ada satu-satunya di Surabaya. Di sekolah ini ada 2 bahasa asing yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris & Bahasa Arab. Meskipun Bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia, namun Bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat Bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalam belajar ilmu agama Islam. Mengingat pentingnya belajar Bahasa Arab terutama dalam pembelajaran membacanya, maka dalam pelaksanaan pembelajarannya harus memperhatikan ketrampilan berbahasanya, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam pencapaian keberhasi lan. Sementara tingkat ketrampilan berbahasa yang dimiliki para siswa pada umumnya masih lemah khususnya membaca. Salah satu metode baru yg dianggap mampu meningkatkan ketrampilan/ kemampuan siswa dalam belajar Bahasa Arab khususnya membaca adalah metode "Numbered Heads Together" yg merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan & keberhasilan metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN surabaya. Berdasarkan latar belakang diatas, Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan siswa dalam kemahiran membaca di dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana penerapan pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa MAN Surabaya? Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan kemahiran membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa di MAN Surabaya? Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: Observasi, Angket, Interview, Dokumentasi, dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui penerapannya. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan metode uji coba tes dengan rumus Statistik "Test T" dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre test & Post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode "Numbered Heads Together" dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka 2, 19. Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka di perlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat di ketahui lebih lanjut tentang keunggulan - keunggulan dari penggunaan metode ini.
id IOS2718.24114
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-04-19T22:55:48Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:20Z
recordtype dc
_version_ 1765779028891926528
score 17.538404