تأثير تطبيق طريقة غرائدا لترقية مهارة القراءة من كتاب العربية للناشئين في مدرسة نور الهدى العاليةسيداتى- سيدوارجو

Main Author: Marini, Santi Evi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24090/1/Santi%20Evi%20Marini_D02206067.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24090/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran pada dasamya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan atau kompetensi baru. Ketika kita berfikir informasi dan kompetensi, maka kita juga akan berfikir tentang metode yang digunakan untuk mencapai informasi dan kompetensi tersebut agar dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Telah kita ketahui bersama bahwa metodologi pembelajaran khususnya bahasa arab mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Terdapat berbagai macam metode yang dignnakan dalam pembalajaran bahasa arab, mulai dari metode yang sederhana sampai metode yang dibantu dengan alat- alat teknologi yang sudah maju seperti LCD, proyektor dan lain- lain. Metode- metode ini muncul dari berbagai macam latar belakang, mulai dari pengalaman mengajar seorang guru sampai pengaplikasian dari metode pembelajaran lainnya. Pada penelitian ini, penulis memiliki pengalaman mengajar pada waktu PPL tepatnya pada maharoh al qiro'ah, dalam proses pembelajaran berlangsung banyak diantara murid- murid yang kesulitan dalam menerjemahkan kata- kata yang terdapat pada bacaan. Kebanyakan dari mereka terlalu menggantungkan pada penyediaan arti kata yang terdapat pada LKS. Dari sinilah peneliti mencoba mengaplikasikan metode terjemah al-qur'an kedalam metode pembelajaran bahasa arab pada maharo al-qiro'ah. Metode ini adalah metode Granada. Metode ini terdapat empat langkah dalam pembelajarannya. Akan tetapi dalam penelitian ini penulis hanya menggunakan rumus- rumus Granada dan dibantu dengan kamus arab-indonesia saja. Karena kedua aspek tersebut sangat diperlukan dalam menerjemahkan bacaan pada maharo al-qiro'ah. Adapun tujuan penulis adalah untuk mengetahui penerapan metode Granada, pengaruh penerapan metode Granada, dan kemampuan siswa pada maharo al-qiro'ah sebelwn dan sesudah menggwtakan metode Granada. Dalam penelitian ini sifatnya deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode eksperimen, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, penulis mengguanakan rumus T-tes. Sebagai basil peneliti dapat kami simpulkan bahwa penerapan metode Granada memiliki efek baik bagi kemampuan siswa dalam menerjemahkan bacaan. Ini terlihat dari basil perhitungan nilai siswa dengan menggunakan nunus T-tes. Terjadinya perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan rumus Granada.lni terlihat dari hasil perhitungan yang menunjukan to sebesar 18,34 dan tt sebesar 1,734 dan 2,552, yang dapat kami simpulkan sebagai berikut : 2,552< 18,34>1,734 maka hipotesis Ho yang menyatakan adanya peningkatan kemampuan siswa pada maharo al-qiro'ah di sekolah aliyah "Nurul Huda" Sedati Sidoarjo. Sehingga metode Granada ini membantu siswa meneljemahkan bacaan untuk memahami isinya.