Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan

Main Author: Ma 'rufah, Imarul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/24056/1/Imarul%20Ma%27rufah_D04206031.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24056/
ctrlnum 24056
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/24056/</relation><title>Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika&#xD; di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan</title><creator>Ma 'rufah, Imarul</creator><subject>Matematika</subject><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><subject>Komunikasi</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Komunikasi matematika merupakan kegiatan dalam mengekspresikan ide-ide matematika secara lisan atau tul isan ke dengan menggunkan bahasa sendiri.kamampuan menghubungkan benda, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika menjelaskan ide-ide matematika secara lisan atau tulisan. Komunikasi matematika perlu bagi guru dan siswa dalam pembelajaran, pemahaman, dan pen.yelesaian masalah matematika. Dengan berkomunikasi matematika guru dan siswa dapat lebih mudah untuk tnempelajari matematika. Berdasarkan hal terebut maka kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kamampuan komunikasi matematika adalah dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) karena strategi ini lebih bnayak memberi kese1npatan kepada siswa untuk menggunakan kemampuan komunikasinya. Dalam strategi ini siswa mendapatkan ide-ide pada tahap think, mengungkapkan secara lisan pada tahap talk, dan menuliskan pada tahap write. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan:(1) Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk 1flrite (TTW) di kelas VJI SMPM 14 Karangasem? (2)Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunkan strategi Think Talk Write(TTW)di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(3) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(4) Bagaimana respon siswa setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk J;Vrile (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasetn? Penclitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMPM 14 Karangasem selama 4 kali pertemuan pada tanggal 20 Nopember 2010 s/d 23 Nopember 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk tnetnperoleh data aktivitas siswa dan kematnpuan guru dalam mengelola penbelajaran. Metode tes digunakan untuk tnengetahui kemampuan komunikast mate1natika siswa. Sedangkan tnetode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai respon sis,va terhadap pembelajaran.</description><date>2011-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/24056/1/Imarul%20Ma%27rufah_D04206031.pdf</identifier><identifier> Ma 'rufah, Imarul (2011) Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>24056</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ma 'rufah, Imarul
title Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika di kelas VII SMPN 14 Karangasem Paciran Lamongan
publishDate 2011
topic Matematika
Strategi Belajar Mengajar
Komunikasi
Pembelajaran
url http://digilib.uinsby.ac.id/24056/1/Imarul%20Ma%27rufah_D04206031.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/24056/
contents Komunikasi matematika merupakan kegiatan dalam mengekspresikan ide-ide matematika secara lisan atau tul isan ke dengan menggunkan bahasa sendiri.kamampuan menghubungkan benda, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika menjelaskan ide-ide matematika secara lisan atau tulisan. Komunikasi matematika perlu bagi guru dan siswa dalam pembelajaran, pemahaman, dan pen.yelesaian masalah matematika. Dengan berkomunikasi matematika guru dan siswa dapat lebih mudah untuk tnempelajari matematika. Berdasarkan hal terebut maka kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kamampuan komunikasi matematika adalah dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) karena strategi ini lebih bnayak memberi kese1npatan kepada siswa untuk menggunakan kemampuan komunikasinya. Dalam strategi ini siswa mendapatkan ide-ide pada tahap think, mengungkapkan secara lisan pada tahap talk, dan menuliskan pada tahap write. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan:(1) Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk 1flrite (TTW) di kelas VJI SMPM 14 Karangasem? (2)Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunkan strategi Think Talk Write(TTW)di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(3) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasem?;(4) Bagaimana respon siswa setelah proses pembelajaran menggunakan strategi Think Talk J;Vrile (TTW) di kelas VII SMPM 14 Karangasetn? Penclitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMPM 14 Karangasem selama 4 kali pertemuan pada tanggal 20 Nopember 2010 s/d 23 Nopember 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk tnetnperoleh data aktivitas siswa dan kematnpuan guru dalam mengelola penbelajaran. Metode tes digunakan untuk tnengetahui kemampuan komunikast mate1natika siswa. Sedangkan tnetode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai respon sis,va terhadap pembelajaran.
id IOS2718.24056
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-04-19T22:55:46Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:17Z
recordtype dc
_version_ 1765779028736737280
score 17.538404