Konstruksi sosial pendidikan pesantren: analisis pemikiran Azyumardi Azra

Main Author: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23781/1/Konstruksi%20sosial%20pendidikan%20pesantren.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23781/
Daftar Isi:
  • Pesantren telah dianggap sebagai model institusi pendidikan yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuan dan internalisasi moralitas umat Islam. Saat ini, pesantren terus berbenah dan mempersolek diri. Di sisi lain, banyak pihak mengadopsi unsur positif dalam diri pesantren. Pesantren menumbuhkan apresiasi yang sepatutnya terhadap semua perkembangan yang terjadi di masa kini dan mendatang. Proses mengambil dan memberi secara sosiologis dan antropologis ini merupakan konstruksi sosialnya. Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mendekripsikan dinamika pendidikan Islam, khususnya menyorot konstruksi sosial pesantren dalam pandangan Azyumardi Azra. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pesantren sangat piawai berdialektika dengan tesis budaya yang saling bertentangan dan melahirkan sintesis konstruksi sosial baru. Pesantren juga merupakan institusi sosial yang paling kreatif dan inovatif Karena falsafahnya: al-muhafadhu ‘alal qadimis sholeh wal akhdu bil jadidil ashlah (memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik). Hal ini juga menghadirkan nilai-nilai agama sebagai bobot atas sejumlah karya pendidikan, ekonomi dan budaya pesantren