Peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf melalui strategi Think Talk Write pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya

Main Author: Sholihah, Lailatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23495/7/Lailatus%20Sholihah_D07214008.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23495/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan alasan rendahnya keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Masalah belajar yang dialami oleh siswa pada saat proses pembelajaran menulis yang umum yaitu siswa belum mampu menulis dengan baik sesuai ejaan. Masih banyak siswa yang menulis menggunakan bahasa ibu dan bahasa dari pengaruh lingkungan tempat tinggalnya. Dan kurang kepercayaan diri siswa dalam menuangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam tulisnya. Strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu strategi think talk write. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan strategi think talk write dalam meningkatkan keterampilan menulis materi menyusun paragraf pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf melalui strategi think talk write pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III A MI Badrussalam Surabaya, dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Strategi penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi think talk write dikatakan berjalan dengan baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan, dari nilai 68,75 (cukup) menjadi 90,6 (sangat tinggi) pada siklus II. Aktivitas siwa pada siklus I sebesar 69,4 (cukup) menjadi 91,6 (sangat tinggi) pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis siswa pada setiap siklus, yakni rata-rata siswa pra siklus sebesar 52,54 (rendah) siklus I sebesar 67,81 (cukup) dan menjadi 80,2 (tinggi) pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada pra siklus 16% (rendah), siklus I sebesar 59% (cukup) dan meningkat menjadi 89% (tinggi) pada siklus II. Siklus I hanya 22 siswa dari 37 siswa yang tuntas sedangkan pada siklus II 33 siswa dari 37 siswa yang tuntas.