فعالية استراتيجية التعليم القائم على المشاريع لترقية كفاءة مهارة الكتابة لطلبة الصف الثامن بمدرسة التحريرية المتوسطة الإسلامية بنجلان مادورا

Main Author: Qiptiyah, Maryatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23270/7/Maryatul%20Qiptiyah_D02213006.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23270/
Daftar Isi:
  • Dalam mempelajari Bahasa arab diperlukan media pembelajaran, metode dan strategi untuk mempermudah proses belajar mengajar dan bisa mencapai tujuan belajar. Namun, dalam kenyataannya penggunaan metode ataupun strategi pembelajaran masih sangat kurang khususnya dalam mempelajari maharah kitabah. Sebagian besar siswa berfikir bahwa kitabah adalah maharah yang sulit dan mereka susah dalam mengungkapkan pikirannya disebabkan kurangnya mufrodat dan kurangnya pemahaman dalam menyusun kalimat bahasa arab yang benar. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana kemampuan maharah kitabah siswa kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. 2. Bagaimana penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B?. 3. Bagaimana efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatakan maharah kitabah siswa kelas VIII-B? Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif melalui instrumen penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 32 siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura, maka digunakan T-test. Terdapat efektifitas penggunaan strategi Project Based Learning untuk meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VIII-B di Madrasah Tsanawiyah At-Tahririyah Bangkalan Madura. Melalui hasil analisis T-test diperoleh nilai T-hitung lebih besar daripada T-tabel yaitu: 11.34 > 2.04. Sehingga, menunjukkan bahwa Ha diterima.