Konstruksi media online pada pemberitaan masa kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua pada portal media online detik.com edisi maret dan april 2017: analisis framing Robert N Entman

Main Author: Falah, Moch Fajrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/22685/2/Moch%20Fajrul%20Falah_B06213027.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/22685/
Daftar Isi:
  • Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (sumber masalah) , make moral judgement (keputusan), treatment recommendation (merekomendasikan penyelesaian) dalam berita “Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua” pada portal media online Detik.com edisi Maret dan April 2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan tentang define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (sumber masalah) , make moral judgement (keputusan), treatment recommendation (merekomendasikan penyelesaian) dalam konstruksi berita “Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua” pada portal media online Detik.com edisi Maret dan April 2017. Dalam menjawab pertanyaan tersebut,peneliti menggunakan jenis penelitian Analisis Teks Media .Dengan Studi Analisis Framing Robert N.Entman. sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan berita dari portal media online Detik.com edisi Maret dan April 2017 seputar “Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua”,kemudian mencatat,memilah dan menganalisanya sesuai dengan model penelitian yang digunakan. Dalam penelitian ini ditemukan Detik.com memiliki kecenderungan memunculkan sisi negatif pasangan Ahok-Djarot dengan menggunakan bahasa yang halus pada pemberitaannya berbeda dengan pasangan Anies-Sandiaga, Detik menuliskan masa kampanye pasangan ini dengan menunjukan sisi positif dengan cara penulisan yang halus dan elegan.