Peningkatan pemahaman siswa menggunakan metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto

Main Author: Rhodiah, Agustin Widyastuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/22390/3/Agustin%20Widyastuti%20Rhodiah_D77214055.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/22390/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2. Guru masih menggunakan metode ceramah yang sebenarnya kurang cocok dengan pendekatan yang ada dalam pembelajaran tematik yaitu pendekatan saintifik yang menuntut siswa untuk aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Team Quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto menggunakan metode Team Quiz ? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan tes, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal uraian, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan metode team quiz pada siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 78 (baik) pada siklus I menjadi 87 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 76 (baik) pada siklus I menjadi 84 (sangat baik) pada siklus II. (2) Penerapan metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 68,4 (cukup) dan siklus II 85,9 (sangat baik). Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 36,67% dan siklus II sebesar 86,67%.