Analisis strategi pemasaran repeat order pembiayaan murabahah di Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Jabal Rahmah Waru Sidoarjo

Main Author: Fanani, Rizky Arrois
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/22231/3/Rizky%20Arrois%20Fanani_C74213146.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/22231/
Daftar Isi:
  • Skripsi ysng berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Repeat Order Produk Murabahah di UJKS Jabala Rahmah Waru Sidoarjo” ini adalah hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan dari strategi pemasaran repeat order di UJKS Jabal Rahmah dan apa sajakah faktor penghambat dari strategi pemasaran repeat order Di UJKS Jabal Rahmah. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metodelogi ini dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan informan, dimana penelitian ini yaitu para karyawan UJKS Jabal rahmah Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pelaksanaan strategi pemasaran repeat order di UJKS Jabal Rahmah ini yaitu pertama, lembaga karyawan mencari data nasabah lama yang pernah melakukan pembiayaan murabahah, lalu menilai data nasabah dengan cara melihat kepatuhan nasabah terhadap perjanjian yang telah disepakati selanjutnya menawarkan kembali untuk melakukan transaksi dengan Jabal Rahmah dengan berbagai penawan yang dapat menarik hati nasabah, hal itu bisa dilakukan dengan cara menelfon nasabah maupun langsung mendatangi rumah nasabah sekaligun untuk bersilaturahmi. Sedangkan pada faktor penghambat pada strategi pemasaran repeat order yang ada di Jabal Rahmah Waru Sidoarjo yaitu, faktor internal adalah waktu yang tidak tepat, pelayanan yang kurang, promosi seadanya dan komunikasi antar karyawan yang kurang. Sedangkan faktor prnghambat dari sisi eksternal yaitu nasabah dengan penilaian yang kurang baik, persaingan dengan lembaga keuangan lain dan informasi tentang adanya Jabal Rahmah sebagai Lembaga keuangan syariah kurang luas. UJKS Jabal Rahmah disarankan untuk meninjau kembali baiknya penilaian pada calon nasabah. Meningkatkan kualitas pelayanan membuat nasabah menjadi nyaman untuk bertransaksi, mengembangkan promosi dan menjaga hubungan baik antar karyawan maupun karyawan dengan nasabah. Disamping itu UJKS Jabal Rahmah perlu mengatasi semua masalah eksternal yang ada seperti meninjau penilaian calon nasabah baru, memenangkan persaingan dengan lembaga lain dan memperluas informasi tentang Jabal Rahmah ke berbagai daerah.