Peningkatan hasil belajar dan kecerdasan intrapersonal melalui strategi Course Review Horay pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI Mazra'atul Ulum 01 Lamongan

Main Author: Ikrima, Ikrima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/22192/1/Ikrima%20_%20D97214107.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/22192/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran sangat membosankan dan siswa cenderung malas belajar. Hasil belajar siswa sebelumnya hanya 13% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pembelajaran selama ini menggunakan metode ceramah sehingga perlu diterapkan strategi course review horay. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi course review horayterhadap kecerdasan intrapersonal proses pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup dengan menggunakan strategi course review horay pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? (3) Bagaimana peningkatan kecerdasan intrapersonal (percaya diri dan mandiri) dalam pembelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup dengan menggunakan strategi course review horay pada siswa kelas III MI Mazra’atul Ulum 01 Lamongan? Penelitianinidilakukan di MI Mazra’atulUlum 01 Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindaan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, lembar kerja dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan SPSS untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kecerdasan intrapersonal siswa pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi course review horay berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada prasiklus aktivitas guru memiliki persentase 58% (kurang), siklus 1 memiliki persentase 71% (baik), dan siklus 2 memiliki persentase73% (baik). Pada prasiklus aktivitas siswa memiliki persentase 42% (kurang), siklus 1 memiliki persentase 58% (kurang), dan siklus 2 memiliki persentase 83% (baik).(2) Data hasil belajar siswa pada prasiklus memiliki persentase 13% dengan rata-rata 48,8 (kurang), siklus 1 memperoleh persentase 94% dengan rata-rata 78,2 (baik) dan siklus 2 memperoleh persentase 94% dengan rata-rata 78,6 (baik). (3) Kecerdasan intrapersonal pada prasiklus memiliki persentase 40%, siklus 1 memiliki persentase 88%, dan siklus 2 memiliki persentase 96%.