Pengaruh hubungan antara orang tua dengan guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi PAl di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya

Main Author: Yamani, Muzakki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/22069/1/Muzakki%20Yamani_D51208024.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/22069/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22069
Daftar Isi:
  • terahadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya ini bertujuan untulc mengetahui hubungan antara orang tua dengan guru, Untuk mengetahui Prestasi Belajar siswa pada bidang studi PAI di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya, untuk membuktikan adanya pengaruh hubungan antara orang tua dengan guru terahadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian adalah sebagaian siswa diniyah tingkat Tamhidiyah Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya yang bemaung dibawah yayasan Pondok Pesantren Miftahus Sunnah Surabaya, yaitu 22 dikarenakan jumlah populasi lebih dari 100 maka peneliti mengambil sebagaian (20%) populasi untuk menjadi sampel jadi penelitian ini termasuk penelitian sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan interview, lembar angket, observasi, dokumentasi dan nilai raport mata pelajaran PAl. Analisis data lembar angket menggunakan analisa prosentase menggunakan uji "r" product moment. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Hasil penelitian hubungan antara orang tua dengan guru dikategorikan baik, hal ini dapat di lihat dari hasil prosentase yang diperoleh sebesar 83%. 2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya baik, hal ini terbukti dari nilai rapot menunjukkan nilai rata-rata 8 dan 3). Dari basil indeks korelasi "r" product moment yang telah diperoleh sebesar 0,717, hal ini menunjukkan bahwa indeks korelasi "r" product moment lebih besar daripada taraf signifikansi 5% (0, 423) maupun pada taraf signifikansi 1% (0, 537). Maka hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Artinya ada peranan hubungan antara orang tua dengan guru terahadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah Darul Hijroh Surabaya.