Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan
Main Author: | Mukhoyyaroh, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/21584/1/Siti%20Mukhoyyaroh_D01208172.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/21584/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan; 2) Bagaimana pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan ; 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : 1) Observasi untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share); 2) Angket untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih; 3) Interview dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data gambaran umum obyek penelitian. Analisis yang digunakan adalah 1) prosentase ; dan 2) product moment. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa : 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) adalah baik, hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan nilai sebesar 80,2%; 2) pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih tergolong baik. hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan nilai sebesar 69,9%; 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan, berdasarkan analisis diperoleh rxy= 0,208 dengan jumlah responden 41 sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,316 dan taraf signifikansi 1% adalah 0,408. Jadi rxy lebih kecil dari pada rtabe1 yang berarti hipotesa altematif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima atau disetujui. Sedangkan jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai "r" dimana nilai rxy berada diantara 0,20 - 0,40 yang berarti korelasinya lemah atau rendah.