فعالية استراتيجية بطاقة الفرزCARD SORT الترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الخيوية الإسلامية كرسيك
Main Author: | Mufidah, Durrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/21509/1/Durrotul%20Mufidah_D32208014.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/21509/ |
Daftar Isi:
- Bahasa adalah alat komunikasi. Bahasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang kehendaki kepada yang lain supaya dapat dimengerti oleh pihak kedua. Selain itu, bahasa digunakan untuk menyampaikan ide-ide yang ada dalam fikiran. Dalam setiap bahasa mempunyai empat ketrampilan,yaitu mendengar, bicara, membaca dan menulis. Dalam mempelajari bahasa asing kita dituntut untuk mahir dalam setiap keterampilan. Bagitu pun dalam keterampilan menulis. Keterampilan menulis adalah ungkapan seseorang yang disampaikan secara terstruktur atas apa yang dirasakannya dengan menggunakan tulisan. Menulis menjadi keterampilan bahasa yang terakhir dalam pembelajaran bahasa. Untuk memudahkan pembelajaran bahasa dibutuhkan strategi pembelajaran. strategi pembelajaran digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Strategi card sort sebagai salah satu strategi altematef yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa arab. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode: ') observasi, Y) wawancara, r) angket, *) dokumentasi dan °) tes. Semua metode ini digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk kelancaran jalannya penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi card sort efektif dalam meningkatkan pembelajaran menulis siswa kelas VI MTS Al-khoiriyah Y Gresik dalam pembelajaran bahasa arab. Hasil penelitian menunjukkan prestasi nilai siswa sebelum penggunaan strategi sard sort rata-rata sebesar Dan prestasi nilai siswa sesudah penggunaan strategi card sort rata-rata sebesar v#£ x.