Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan oleb Kartika Bidiya Sbofa yang mengangkat upaya peningkatan kinerja guru bimbingan konselling di SMA Negeri 2 Sumenep. Pentingnya peningkatan kinerja bimbingan konseling di sekolah sangat berpengaruh bagi kualitas pelayanan bimbingan konseling dan terlebib lagi siswa atau peserta didik yang mendapatkan pelayanan dalam bimbingan konseling. Sejak diberlakukannya kurikulum Nasional (kurikulum 2004) mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Bimbingan konseling memiliki peranan yang semakin menenntukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan mengembangkan kepribadian dan potensi (bakat, minat, dan kemampuan) siswa. Upaya Peningkatan kinerja guru bimbingan konseling dapat dilakukan dengan cara menjalankan tugas dan perannya sesuai kode etik dan memenuhi syarat seorang guru bimbingan konseling, sebingga kegiatan konseling di sekolah dapat berjalan sebagaimana mestinya Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk mengetahui fakta tentang kinerja guru bimbingan konseling di SMA Negeri 2 Sumenep. Data penulis dihimpun melalui beberapa cara yaitu observasi , wawancara, dan dokumentasi. Dari basil penelitian yang dilakukan oleb penulis mulai dari pengumpulan data dari guru bimbingan konseling dan siswa serta basil analisis data memperoleb kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kinerja bimbingan konseling sangat dibutuhkan untuk membangun kinerja bimbingan konseling menjadi lebih baik. Dari basil akhir penelitian yang penulis peroleb, maka peneliti meemberikan masukan kepada pibak sekolah dan guru bimbingan konseling agar lebib memperbatikan kinerja bimbingan konseling dan program bimbingan konseling dibuat dan dilaksanakan sesuai ketentuan program bimbingan konseling. Supaya proses bimbingan konseling dapat benar-benar berfungsi bagi sekolah dan siswa.Amiiiiiiiin,,,, Ya Rabbal alamin....