Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan memahami latar belakang munculnya teori konsientisasi Paulo Freire, menelaah implementasi teori konsientisasi dalam pendidikan dan mengkaji serta memahami pandangan pendidikan Islam terhadap teori konsientisasi Paulo Freire. Penelitian ini pada dasarnya bersifat kualitatif dengan kajian pustaka (library research) yang bertumpu pada data primer (Primary Sources) dan data Sekunder (Secundary Sources). Tahapan yang dilakukan adalah melalui interpretasi, koherensi internal, dan dikelola dengan metode deskriptif-analitik dan Hermeneutika pola Gadamer. Hermeneutik Gadamer menekankan relasi-interpretatif antara teks dengan konteks masyarakat. Pendidikan Islam pada hakikatnya adalah suatu proses yang berlangsung secara kontinu dan berkesinambungan. Konsientisasi dalam pendidikan Islam dapat dilihat dari sudut pandang firman Allah yang menuntut adanya pertanggung jawaban dari segala perbuatan yang telah kita lakukan. Di mana dalam bertanggung jawab dengan segala sikap tidak akan bisa dilakukan bila tanpa adanya kesadaran. Di mana Allah juga menyeru pada hambanya untuk tidak bertaklid buta terhadap sesuatu yang tidak diketahui pengetahuan tentangnya.