الأخطاء النحوية في الكتابة العربية لطلاب الفصل الثالث في مدرسة معهد فضل الله الإسلامية المتوسطة تامباك سومور وارو سيدوارجو

Main Author: Muamilatun, Husnul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/20432/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/20432/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20432
Daftar Isi:
  • Bahasa arab merupakan bahasa target dalam pembelajaran di fakultas adab jurusan bahasa dan sastra arah, dan bahasa arab adalah alat komunikasi orang arab yang memiliki berbagai aturan bahasa sehingga ada kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembelajarannya. Dalam skripsi ini penulis ingin mengetah ui kemampuan dan kekurangan pelajar pondok Fadhlil lah dalam berbahasa arab. Penulis memil ih pondok Fadhlillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo karena pondok Fadhlillah merupakan salah satu pondok yang komunikasi sehari­ harinya menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris, dan pelajaran bahasa arab adalah bahasa target utama di pondok tersebut. Permasalahannya adalah : A. Apa sajakah bentuk kesalahan nahwu dalam tulisan arab milik pelajar kelas 3 tsanawiyah di pondok Fadhlillah?. B. Apa sebab-seba b kesalahannya?. C. dan apa solusi untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam tu1isan arab? Skripsi in i meru pakan penel itian bersifat deskriptif yakni memaparkan anal isis kesalahan berbahasa se11a sebab-sebab terjadinya kesalahan. OJeh karena i tu, agar dapat membahas lebih jauh tentang analisis kesalahan berbahasa ini pen ulis menggunakan metode deduktif dan induktif. Penulis memaparkan kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam tulisan arab milik pelajar kelas 3 tsanawiyah di pondok Fadhlillah kemudian mencari sebab dan solusinya. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa bentuk kesalahan dalam tulisan bahasa arab milik pelajar kelas 3 tsanawiyah di pondok Fadhlillah adalah m u rn i kesalahan analisa bahasa secara sistematis bukan kesalahan yang disengaja u ntuk merubah suatu sistem bahasa tertentu (kaidah bahasa), karena pelajar kelas 3 tsanawiyah belum memaham i dengan benar kaidah-kaidah bahasa arab dan khususnya pelajaran nahwu.