Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan mind mapping pada sub pokok Bahasan penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram di kelas XI-IPA Efektif 2 SMA Antartika Sidoarjo
Daftar Isi:
- Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: Define, Design, dan Development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, clan LKS. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi, aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Setelah data dianalisa secara deskriptif, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Nilai kevalidan RPP sebesar 3,49, yang berarti valid, nilai kevalidan LKS sebesar 3,43,yang berarti valid, dan kevalidan buku siswa sebesar 3,83, yang berarti valid Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: Aktivitas siswa efektif karena aktifitas siswa aktif sebanyak 88,3% lebih besar daripada aktifitas siswa pasif sebanyak 11,7%. Respon siswa efektif karena lebih dari 70% siswa memberikan respon positif. Hasil belajar siswa efektif, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individual dan klasikal, yaitu lebih besar dari 75% siswa tuntas dalam pembelajaran.