Implementasi konsep Dasa Darma kepramukaan dalam pembentukan karakter religius pada siswa MAN I Jombang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi seiring dengan adanya anggapan bahwa pendidikan nonformal dapat mengganggu prestasi siswa dan juga dianggap menhabiskan waktu. Padahal pendidikan non formal seperti pendidikan kepramukaan juga mengandung unsur pendidikan Islam karena bisa dilihat dari 10 Dasa darma dan juga konsep dasar dari prinsip pendidikan kepramukaan. Karena dari kedua unsur tersebut dapat menumbuhkan karakter religius pada siswa yaitu mereka dapat memahami cinta kepada Allah, cinta sesama manusia dan juga cinta tanah air dengan memiliki sifat nasionalisme yang kuat. Oleh karena itu urgen untuk dikaji kembali dalam era modemisasi saat ini guna membangun keimanan dan keislaman dalam pendidikan sehingga menghasilkan produk yang sesuai harapan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatit: karena menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti berusaha memahami subjek dari segi pandangan mereka sendiri. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu sebuah teknik untuk mencari dan mendapatkan data mengenai hal-hal yang tertulis, dengan menggunakan sumber data primer maupun sekunder. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwasanya ada tiga konsep besar yang terdapat di dalamnya sebagai sebuah pendidikan untuk pencapaian manusia sebagai insan kamil yaitu pendidikan mengenai hubungan manusia dengan Tuhannya; hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitamya.