Pengembangan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran untuk kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo
Daftar Isi:
- Buku teks merupakan salah satu faktor pendukung yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Buku teks dengan pendekatan kultural matematika adalah buku teks yang penyajiannya memadukan sejarah matematika, evolusi matematika dan ethnomatematika yang dapat memberikan pemahaman utuh terhadap matematika sebingga siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika dan pembelajaran lebih bennakna bagi siswa. Oleb karena itu dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pkok bahasan keliling dan luas lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui basil kevalidan dan kepraktisan pengembangan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo. Selain untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan basil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan buku teks dengan pendekatan kultural matematika pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian mengacu pada model pengembangan menurut Thiagarajan yang dibatasi sampai tiga tahap antara lain tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini diuji cobakan pada 30 siswa kelas VIII C MTs Negeri Sidoarjo. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleb data sebagai berikut: (1) kevalidan buku teks berkategori valid dengan skor rata-rata 3,79 dan kepraktisan buku teks berkategori praktis. (2) respon siswa memenuhi kriteria efektif (91,82% siswa merespon dalam kategori sangat positif). (3) basil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal (80% siswa dinyatakan tuntas).