تصميم مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام لطالبات المعهد الإسلامي “الخديجة” باميكاسن- مادورا :بحث تطويري

Main Author: Maghfiroh, Wasiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/19755/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/51/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19755/
Daftar Isi:
  • Materi bahan ajar untuk keterampilan berbicara adalah materi yang dianggap penting dalam Penelitian ini berawal dari pengamatan problematika pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Putri Al-Khodijah Pamekasan Madura. Demi memenuhi kebutuhan para santri dalam mengembangkan keterampilan komunikasi berbahasa Arab peneliti mencoba menyusun materi ajar bahasa Arab yang berdasarkan kurikulum pondok yang disesuaikan dengan keadaan keseharian santri dipondok itu sendiri. materi bahan ajar dan berfokus pada tiga pokok permasalahan yakni : 1. Bagaimana mendisain materi ajar bahasa Arab untuk keterampilan berbicara? 2. Bagaimana mengaplikasikannya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara? 3.Sejauh mana efektifitas penggunaan materi bahasa Arab dengan keterampilan berbicara? Tujuan dari penelitian ini adalah mengarah pada tiga hal : 1. untuk mengetahui proses mendisain materi ajar bahasa Arab untuk keterampilan berbicara, 2. untuk mengetahui penerapan materi bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara, 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan materi bahasa Arab dengan keterampilan berbicara, dalam mengembangkan keterampilan berbicara para santri pondok pesantren Putri Al-Khodijah Pamekasan Madura dalam berkomunikasi bahasa Arab pada aspek penilaian yang meliputi: Kemampuan berkomunikasi dan mengenali tata cara komunikasi berbahasa Arab dengan baik dan benar. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan kualitatif. dengan desain penelitian Robert Maribe Branch yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) desain pengembangan, (4) uji coba, (5) Evaluasi produk. Dalam penentuan efektifiasnya penelitimenggunakan Pretest-Posttest One Group dengan jumlah 25 santri di program intensif bahasa Arab. Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Meningkatnya rasa percayadiri siswi dalam berbicara bahasa arab setelah menggunakan buku ajar, (2) langkah-langkah pembelajaran menggunakan buku ajar ini di awali dengan pengenalan kosakata baru, penerapan materi, latihan praktek, dan permainan bahasa.(3) tingkat efektifitas dapat dilihat uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes, hasil dari harga kritik “t” pada signifikansi 5% adalah 2.06 dan 1% adalah 2.80 pada jumlah df/db 24. Sedangkan hasil dari perhitungan rumus “t tes” adalah, 197.1.