Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang nilai pendidikan tauhid menurut Al-Ghazali serta implikasinya dalam PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dari beberapa pemikiran-pemikiran Al-Ghazali yang banyak tercermin dalam beberapa karyanya terutama kitab Ihya’ Ulumuddin. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi. Secara umum pendidikan tauhid berarti suatu proses pendidikan yang didasarkan pada pengertian tauhid secara keseluruhan. Nilai pendidikan tauhid adalah konsepsi abstrak yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam hidup, yang memberi makna dan pengabsahan pada tindakan seseorang tentang apa yang baik, benar, bijaksana dan yang berguna setelah dibimbing oleh pendidik secara bertahap sehingga berkembang seluruh potensi yang ada pada peserta didik untuk mengajarkan kepada sesamanya untuk berbuat baik dan mencegah perbuatan jahat dalam pergaulannya dengan Tuhan, manusia dan makhluk di sekelilingnya yang sesuai dengan ajaran Islam. Setelah data dianalisis oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan tauhid menurut Al-Ghazali, terdiri dari: (1) Nilai Keimanan (Aqidah), meliputi: Allah Maha Segalanya, memperjelas tauhid secara hakikat, dan menjauhi syirik (2)Nilai Ibadah/Syariah meliputi : pentingnya melaksanakan semua aturan yang telah ditentukan dalam Al-Qur’an (3) Nilai Akhlak, meliputi: hubungan antara manusia dan Tuhan. (4) Nilai hakikat yang mendasari segalanya