Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa kelas IV MI Sunan Ampel Tongas Probolinggo pada keterampilan berbicara bahasa Arab. Hal ini terlihat ketika siswa diajak untuk bercakap-cakap menggunakan bahasa Arab yang sederhana, siswa masih kesulitan, bingung, dan tidak lancar dalam menjawab maupun bertanya dalam bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan strategi inner outer circle dalam mata pelajaran bahasa Arab di siswa kelas IVMI Sunan Ampel Tongas Probolinggo, (2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI Sunan Ampel Tongas Probolinggo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi inner outer circle berlangsung dengan baik dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh prosentase 72% dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh prosentase 94% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh prosentase 78% dengan kriteria baik, dan pada silus II diperoleh prosentase 95% dengan kriteria sangat baik. (2) terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Sunan Ampel Tongas Probolinggo materi Afra>d Al Usrah dengan strategi inner outer circle. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dibuktikan dengan perolehan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 65,55 dengan prosentase ketuntasan siswa 30%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,5 dengan prosentase 65% dengan kriteria cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 81,5 dengan prosentase 90% dan termasuk kriteria sangat baik.